Saturday, May 5, 2012

jadi apa hipnotis itu?

              hari sabtu, itu departemen saya ada coaching clinic atau entahlah apa namanya, mari kita sebut saja itu sebuah pertemuan tertutup suatu batalion tempur yang akan pergi berperang membuka jalur pantai yang akan dilewati artilery penghancur untuk menggempur pertahanan musuh di daerah utara jawa barat, padahal acara itu adalah minifactory result untuk quarter satu tahun 2012, ada protes kecil disitu, kenapa departemen lain acaranya diluar, yaitu menurut desas desus pergi ke pantai utara pulau jawa, kenapa departemen saya tidak keluar? mungkinkah itu gara2 impoten, tapi sudahlah kita ikuti saja, yang penting saya tidak bekerja.
              saya masuk jam 7 kurang, padahal setelah saya tau harusnya jam 8, saya jadi rugi satu jam, awalnya saya mengelak tidak ada info, sebenarnya ada, hari jumat yang saya masuk terlambat diberitahukan kalo sabtu masuk jam 8, ah jadinya payah, acara dimulai jam set 9, ternyata acara itu adalah sebuah pembentukan mental bagi setiap karyawan, yah secara umum itu adalah seminar motivasi untuk sukses, diisi oleh seoang motivator yang awalnya saya ragu apakah dia motivator atau pengrajin batik. yang terhormat bapak Aldy …., saya lupa nama panjangnya,
              materinya bagus, sangat mengena, ada teori hubungan antara kesehatan fisik dengan kesehatan jiwa, orang yang sering mengeluh akan menderita gangguan fisik, saya lupa
jenis penyakitnya, pokoknya setiap penyakit hati akan berdampak pada gangguan kesehatan, korelasi penyakit pikiran dan hati itu dijelaskan dengan jelas, katanya itu diambil dari sebuah penelitian orang luar, ada bukunya, tapi lupa, nanti saya tanya si mbah, juga tentang penelitian jumlah kata2 yang diucapkan setiap manusia dalam satu hari, antara 65.000 sampai 80.000 kata, dan penelitian itu juga menyebutkan kalau 75.000 nya adalah kata2 negatif, entah siapa orang yang disurvei, mungkin orang bandung yang setiap bicara diakhiri kata any***, atau orang surabaya yang terlampau sering menggunakan kata jan***, kata bapa itu juga kata2 adalah sebuah doa yang tertunda, sehingga kata negatif yang kita ucapkan akan sangat berdampak buruk, kata negatif yang keluar dari seseorang berarti seseorang itu sudah negatif, ini juga diteliti oleh seorang ahli di jepang, mashimoto kalau gak salah, yang meneliti partikel air, konon katanya, bentuk partikel air yang dikata-katai oleh kata yang negatif akan berbeda dengan air yang dikata-katai oleh kata positif, yang membuktikan lingkungan sekitar kita akan berpengaruh dalam kehidupan kiata, bapak itu juga pernah meneliti nasi yang diperlakukan dengan negatif dan positif, setelah disimpan beberapa hari baunya berbeda, nasi yang diperlakukan dengan positif akan lebih wangi daripada pesaingnya, katanya wanginya mirip parfum mahal dari paris, tentunya saya yakin kalo bapak itu terlalu melebih-lebihkan, tapi pada dasarnya saya percaya tentang kekuatan kata2 itu.
              selanjutnya ada 12-88, yaitu suatu format faktor yang mempengaruhi suatu orang, menurut penelitian para ahli, tindakan seseorang dipengaruhi oleh pikiran (conscious mind) sebesar 12%, dan 88% nya lagi adalah hati, hati?, yaitu sebuah “tempat” yang dinamakan sub-conscious mind atau “pikiran bawah sadar”. Suatu perangkat kesadaran manusia yang pengaruhnya sangat besar terhadap suatu pengambilan keputusan atau tindakan. singkronisasi keduanya dapat menjadikan seorang manusia sukses, bahkan bisa mengubah dirinya sendiri menjadi power ranger tanpa bantuan jam tangan yang dibuat alfa, contoh kecilnya ketika kita berdoa, meminta kepada Tuhan, tetapi dalam hatinya masih ada kalimat “apa mungkin bisa ya?”, itu sia sia katanya.
                bagian ini yang saya suka, yaitu makan, setelah melalui perdebatan sengit, akhirnya ditetapkan bahwa kita harus makan dulu, waktu sudah menunjukan pulkul 12 lewat 13 menit, makananya enak, gak seperti biasanya, dan yang paling saya senangi di bagian ini adalah adanya “GOYOBOD”, sebuah minuman berisi yang didalamnya ada ketan item, peuyeum, rumput laut yang masih belia, juga agar2, disajikan dalam kondisi dingin, itu sungguh berharga jika disajikan di karawang, yaitu di daerah yang jumlah mataharinya lebih banyak dari daerah lain, yah standar lah, abis makan, minum, ngaroko, toilet dan shalat lohor.
               ada yang aneh dari chapter selanjutnya, yaitu, hipnotis, pak aldi meminta sukarelawan untuk maju ke depan, yang maju adalah pak ama, dia mirip indra birowo, pak ama disuruh duduk, lalu disuruh fokus mendengarkan kata2 om aldi, yah kalimat standar hipnotislah, apalagi kalao acuan kita adalah uya kuya, tiba2 pak ama tertidur setelah dipegang kepalanya, pak ama dibiarkan tertidur ketika om aldi meminta satu lagi sukarelawan maju, akhirnga si mbah terpilih dan maju, tetapi metode si mbah dihipnotis berbeda, si mbah dibiarkan pusing , awalnya disuruh ambil kursi, lalu dibilang gak usah, tapi bilang ambil aja, nah pas mau ambil, tiba2 om itu memanggil simbah dan langsung memegang kepala sesaat setelah simbah berbalik, simbah terdorong dan langsung terjungkal ke lantai sambil kepalanya tetap dipegang si om, mungkin tujuanya aga r simbah pikiranya kosong, si mbah pun disuruh tidur, si om kembali ke pak ama, lalu si pak ama diceritain kalo dia bangun, dia adalah seorang SPG genit jisamsu premium yang bernama dona, yyang akan menawarkan produknya ke bapak2 yang sedang golf, pak ama disuruh mengangguk kalo sudah paham, padahal kan tidur yah, masa mengangguk, pak ama dibangunkan, pas ditanya namanya, sungguh aneh, pak ama bilang dona, saya terpesona, inilah pertama kali saya lihat secara langsung hipnotis, dengan jalan yang aduhai seperti SPG pada umumnya, dona berkeliling menawarkan produknya, haha si willy yang dituju, jadi rujit saya liatnya, lagi2 terlintas tentang gay-isme, tampak jelas dan menyakitkan, seperti di dunia ini kekurangan wanita saja, eh*, geuleuh ah…, kembali ke simbah, aneh memang, saya lihat simbah tidak lagi tidur, dia bergerak, seperti orang yang gelisah, apa dia benar2 dihipnotis, simbah dikasi sugesti bahwa dia adalah seorang pengusaha sukses, namanya lukas, cabang perusahaanya banyak, lukas disuruh untuk menemui klien bisnisnya, yang katanya seorang wanita cantik nan seksi nan aduhai nan eplok cendol pokoknya lah, dengan ciri2 berkumis, hahaha, teman yang punya kumis langsung panik, bagaimana tidak panik tak ada wanita disitu, ya setidaknya benar2 wanita, teman2 pada beranjak mau kabur dari tenpat duduknya, apalagi barisan depan, tapi tidak untuk pak rendy, karena kami yang dibelakangnya spontan memegangi dia, atasan dari atasan saya, orangnya ganteng, yang paling saya kagumi adalah kumisnya, jarang2 dia pelihara kumis, sekarang dia kaya gangster, mafia hongkong lah, yang megang daerah makau, hahaha saya puas, simbah pun bangun setelah hitungan ketiga, dia tampak bingung, lalu pak aldi sang juru hipnotis menanyakan namanya, dan anehnya lagi, hahahaha, “bapak siapa namanya?”, “sholeh”, anying gagal, simbah gak kehipnotis, hipnotisnya mental, belum tau dia siapa simbah, dia kan rajanya raja dari alengka, mungkin malu sang juru hipnotis, dia berdalih kalo simbah gak fokus, aneh memang, seperti apa dihipnotis.
setelah itu kita besama2 senam, ditempat duduk masing2, katanya biar pikiran jadi fresh, kita akan berlatih bersama-sama untuk memusatkan pikiran, fokus-fokus, kiata diminta memejamkan mata, “pusatkan pikiran, ambil nafas, sebarkan ke hati, rasakan nafas kita ke tangan2 kita, keluarkan oleh ujug jari-jari kita,”, kata sang hipnotist, lagi2 pikiran saya berkelana, sempat-sempatnya saya berpiikir apa org ini mabok, masa bernafas keluar dari jari2 tangan, kedua tangan kita diminta kayak posisi vampir, “rasakan diatas tangan kiri anda dikasi sebuah karung pasir, semakin berat, anda merasakan keletihan pada tangan kiri anda, ditambah lagi sebuah karung beras, dan rasakan tangan kiri anda semakin turun karena tidak dapat menahan beban karung pasir”, sesaaat saya merasakan bahwa tangan kiri saya terasa lebih berat dari tangan kanan saya, gak tau apakah karena pegal atau memang saya sedang di hipnotist, tapi kok, saya masih bisa memikirkanya, ah gak tau lh, tangan kiri saya sudah kebawah, sementara tangan kanan  saya masih di atas, sementara tangan kanan diberi sugesti bahwa tangn knan kita terikant sebuah balon gas yang membawa tangan kanan ke atas, entahlah, sesuatu memawa tangan saya semakin keatas, aneh memang, mata saya pun masi tetap terpejam, ketika kita disuruh buka mata, saya kaget, posisi tangan orang2 semuanya sama, kanan diatas, dan kiri dibawah, wah, apa saya di hipnotis tadi? aneh…
lucu memeng, dunia yang tidak pernah saya lihat secara langsung, kabar tentang kejahatan hipnotis, di atm lah, stasiun bahkan di rumahnya sendiri, saya tidak pernah benar-benar percaya, lalu sekuat apakah orang lain sampai bisa mengendalikan pikiran kita, mengendalikan alam bawah sadar kita, yang jelas2 kita sendiri sulit mengendalikan pikiran bawah sadar kita, jika semudah itu, tentunya akan mudah sekali berlaku “ikhlas”, benar bukan? bukanya benar, ah mungkin sekali-kali benar, benar untuk mengiyakan bahwa sebenar2nya batu adalah hal yang paling menjengkelkan jika batu itu makadam…
ini adalah bagian terakhir, saya pun heran acara motivasi kok ujung2nya jadi acara sulap, semua peserta duduk di lantai luas, duduk sila dengan senyaman2nya, semua diminta fokus untuk mengikuti kegiatan ini, sebelumnya peserta diingatkan untuk mundur saja apabila tidak benar2 sungguh2 mengikutinya, “silahkan pejamkan mata anda”, musik pengiring diputar, musik yang tentram, mendamaikan hati, cocok untuk meditasi, “ fokuskan pada pikiran dan resapkan dalam hati, mulailah menghitung dari 100 sampai satu, semakin anda menghitung anda akan semakin terlelap dalam rileks anda, anda akan merasakan berada di kesunyian tempat yang sejuk, yang mendamaikan pikiran anda, mengistirahatkan hati anda, semakin anda rileks anda akn terbawa ke alam tidur anda, tidur dengan pikiran dan hati yang kosong, yang jernih, teruslah berhitung dan anda akan semakin tertidur”, memang suasananya bikin merinding, saya terus berhitung mundur dari seratus, saya pikir saya akan tidur saja, ini kesempatan untuk tidur setelah tadi terkantuk2 dalam acara, saya mencoba tetap fokus dan tertidur, kepala saya sudah saya biarkan lemas, dagu saya sudah menempel di dada, tapi anehnya saya tetap tidak bisa tidur, hitungan tadi berkali kali saya lupa uda sampai berapa, saya terus menghitung, tiba-tiba sesuatu jatuh di pangkuan saya, saya pikir wah teman saya sudah berhasil tidur, dia sudah terhipnotis, saya terus berusaha untuk terhipnotis, ya seenggaknya saya tidur, tapi susah, akhirnya saya sadar bahwa say tidak benar2 terhipnotis, saya pikir ah sudahi saja ah, saya penasaran ingin melihat orang lain, saya pun kaget, hampir semua 0rang tergeletak, mereka tertidur dengan diiringi ceramah sang juru hipnotis, ceramah yang menurut saya itu adalah sugesti yang ingin dimasukan ke teman2 yang terhipnotis, saya frustasi, saya gak bakal sukses, karena tidak bisa dihipnotis, saya hanya bisa memperhatikan sang juru hipnotist berkata”tanamkan di hati kita, aku akan sukses, aku tidak akan mengeluh, aku tidak akan berkata negatif, demi masa depanku, masa depan keluargaku, untuk membahagiakan keluargaku kelak, sya berjanji akan mensingkronkan pikiran saya dengan hati saya, agar saya benar2 menjadi pribadi yang cemerlang”, aduh saya semakin sdih, saya satu2nya orang yang tidak tertidur, saya tidak akan bisa mengambil sugesti2 yang ditanamkan oleh juru hipnotist itu, tentunya anda ingat, bahwa pikiran bawah sadar kita adalah yang menentukan kita dalam pengambilan keputusan, sungguh sangat bagus apabila alam bawah sadar kita telah dikuasai orang itu karena akan mendapatkan hal positive dengan mudah, sugesti2nya membuat semangat, saya ingin,,, saya hanya bisa menunduk, sekali2 saya ingin merokok, tapi saya gak mau mengganggu orang yang tertidur di pangkuan saya, takut dia bangun, sugestinya gak masuk, dan dia gak jadi orang sukses, dan saya akan menyesal karena saya yang menggagalkan dia, saya pengen merokok,

No comments:

Post a Comment