Monday, April 1, 2013

Caving Buniayu Sukabumi

Buniayu, penamaan gua ini bagus saya kira, pencampuran 2 kata yaitu buni yang dalam bahasa sunda itu tersembunyi dan ayu itu berarti cantik, atau kalau saya artikan jadi kecantikan yang tersembunyi, ah, satu hal yang muncul dalam benak saya, wanita berhijab :D.

gua buniayu terletak di Desa Kertangsana Kecamatan Nyalindung di ketinggian sekitar 800 m, cukup tinggi buat sebuah kawasan karst.Di sana juga tersedia akomodasi yang cukup nyaman dan cukup terjangkau buat yang berkantong pas-pasan. Buat yang gak punya alat penelusuran gua, jangan kuatir anda bisa sewa alat lengkap di sana. Buat yang suka berpetualang juga tersedia jalur wisata khusus yang harus menuruni tali menggunakan SRT. Jangan ragu, anda akan didampingi oleh guide yang cukup profesional dan meyakinkan. 
Gua ini dikelola oleh PERHUTANI dan untuk anda yang berminat bisa langsung datang ke lokasi.  Masuk gua ini, anda akan disuguhi pemandangan berbagai ornamen gua yang sangat indah dan juga berbagai jenis hewan yang sangat menarik dari yang kecil sampai kelelawar yang besar.
Akomodasi
Kalau anda senang tinggal bersama penduduk setempat, di kawasan buniayu terdapat satu rumah dengan kamar berjumlah 2 dan satu tempat tidur yang di luar kamar dan kapasitas bisa untuk 7-10 orang. Rumah yang bisa digunakan adalah rumah Ibu Isah yang terletak di dekat Gua Buniayu, selain itu juga disediakan gubuk di kawasan gua yang bisa anda sewa, ada 3 gubuk yang trbuat dari dinding kayu dananyaman bambu disan, Namun kalau anda lebih suka tidur di tempat yang nyaman sperti tinggal di hotel, mungkin bisa tinggal atau cari hotel di kota Sukabumi yang berjarak sekitar 45 menit dengan mobil.


untuk tarifnya sendiri bervariasi tergantung minat penelusuran
gua yang anda minati, secara umum dibagi 2, yaitu:
1. penelusuran gua minat umum yaitu kita akan disuguhkan perjalanan pendek ke gua yang tidak memerlukan bantuan pengaman, perjalanan hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikanya, pengunjung disuguhkan pemandangan gua dengan perjalanan ringan, sudah ada tangga, tetapi anda tetap harus mengenakan sepatu boot  dan helm untuk keamanan, karena batu karst sangat tajam, sebenarnya dulu disini sudah dipasang penerangan, tapi karena perawatan yang kurang dan seringnya gua terendam air saat hujan membuat alat penerangan rusak dan terbengkalai.

penampakan perjalanan :

biefing oleh guide gua minat umum

pintu masuk gua

barudak

mata air pounce de leone

skip
 2. Penelusuran gua minat khusus, perjalanan ini memerlukan waktu kurang lebih 4-5 jam, dan sebaiknya dilakukan di pagi hari, apalagi saat musim penghujan, gua ini terbentuk secara alami oleh pengikisan aliran sungai yang masuk ke batu karst ini, sehingga bisa dikatakan ini adalah sungai bawah tanah yang saat hujan air akan menutupi ruang gua.

untuk melakukan perjalanan ini diperlukan minimal 2 orang guide berpengalaman, wearpack, headlamp, sepatu boot, dan helmet, tapi jangan khawatir, werpack, helmet dan sepatu boot sudah disediakan pihak penguasa, dalam hal ini alien yang menjadi guide kita, tentu saja anda harus bawa perbekalan yaitu air dan makanan secukupnya, dan harap diperhatikan cara membawanya, pakai tas yang tidak menyebabkan anda kesulitan dalam bermanuver, saya rasa seorang tracker paham apa yang harus dibawa untuk perjalanan track berat pendek dan menguras banyak tenaga di kawasan yang basah, air mineral, coklat/pisang, drybag(dokumentasi), uang kecil(didalam ada yang jual mie rebus) juga beberapa batang rokok bagi yang sudah akil balig, artinya dia sadar kekuatan pernafasanya dan tidak akan merugikan orang lain dengan merokoknya anda, saya rasa itu adil. dan tentunya buang sedikit kebiasaan mengeluh anda, itu akan sangat membantu.

perjalanan dimulai dengan dengan memasuki lubang kecil dengan diameter sekitar 1 meter, turun secara vertikal dengan bantuan tali, teknik ini disebut rapeling, mungkin berasal dari kata rope:tali, rapeling disini tidak terlalu berat, karena kita tinggal diam dan belayer akan mengulur tali hingga kita mencapai dasar gua, kira2 sekitar 12 meter dari lubang tadi, berbeda dengan teknik rapeling yang self belay, yaitu kita sendiri yang mengerem dengan bantuan figure of eight. saat memasuki ruangan gua tenyata sangat luas, hampir seluas auditorium yang saya bayangkan saat ini, disini kita bisa mengambil gambar saat turun, tentu saja harus ada orang dulu yang turun untuk mengabadikan, dan anda bisa tebak saya yang mengabadikan alien alien ini yang melakukan perjalanan tour de guha, terbukti dengan tidak adanya gambar saya di kamera siapapun.

dan perjalanan pun dimulai, ada beberapa tips dalam melakukan perjalanan ini

-  taati peraturan perundangan yang berlaku, terutama apa yang dikatakan alien yang saat intu sebagai guide
- cobalah untuk tidak terlalu jauh dengan alien yang lain, jangan break sendiri, alien guide yang baik dan benar akan menentukan dimana kita bisa break.
- watch your step, perhatikan langkah anda, ati2 ngajeglah, pastikan pijakan aman dari godaan batu yang keropos, mudah lepas dan seseorang yang menyamar menjadi batu
- hindari membuat jalur sendiri, atau ikuti jalur alien didepan anda, setidaknya apabila alien depan anda terjatuh anda punya sample bagaimana cara jatuh yang baik dan benar:pakai gaya.
 - hindari basah sedini mungkin, karena akan mengurangi kenyamanan saat berjalan, pastikan daerah itu tetap kering dan tidak cemberut, keep dry dan keep smile.

Track di dalam gua vertikal ini bervariasi, di dalamnya terdapat aliran sungai, dari yang hanya sedalam mata kaki, betis, sampai kedalaman sepinggang orang dewasa, ada celah ala film 127 hours yang ditempuh dengan cara horizontal dan menumpu pada kaki dan punggung, ada juga dengan cara climbing ala sanctum, memanjat tebing berlumpur dengan tangga webbing, hingga merangkak di gumpalan lumpur  yang dalam dan lengket sehingga kita harus mengerahkan ekstra tenaga untuk melepaskan diri dari jebakan lumpur. untuk yang membawa kamera, perhatikan mental anda, jangan sampai kehilangan gairah untuk bernarsis, karena ini sayang sekali.

Setelah berjibaku menyusuri gua sepanjang 1500 m atau -+ 4 jam, akhirnya kita keluar dari mulut gua, di sana biasanya kita diberi minuman isotonik dingin yang dibuat sendiri di sukabumi yaitu ponari sweat, suegeeeeeeer…lumayan buat mengobati rasa lelah dan pegel. Setelah istirahat sejenak anda akan melanjutkan perjalanan ke Curug/Sungai Bibijilan untuk membersihkan peralatan caving dan tentunya membersihkan diri dari lumpur. Kembali ke basecamp, mandi, makan sore, packing dan tiba saatnya anda harus kembali pulang, setiap caver mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa kita telah melakukan penelusuran gua vertikal sepanjang 1500 m hingga kedalaman 54 meter di bawah permukaan bumi.

beberapa yang berhasil diabadikan
pemenang beasiswa beswan jarum yang trip buniayu nya didanai peserta lain

skip

tim narsis yang kadang kalo minta foto gak matiin headlampnya, serab atuh euy

inilah dia, frans ondo penganut aliran yang penting nyampe, apapun dilakukan, berguling merangkak dan terjatuh didepan mata saya, dia keren.

para alien yang dikutuk menjadi kerbau pembajak sawah

alien yang sudah dikutuk menjadi kerbau dengan kesadaran sendiri mencuci sepatu dan seragamnya
 cara mencapai lokasi:
1. untuk yang menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung ke Sukabumi, yaitu kecamatan nyalindung desa kertangsana, disana sudah ada petunjuk ke area gua buniayu.
2. untuk yang memakai angkutan umum dari arah jakarta bisa memakai
    - bis lebak bulus/rambutan ke sukabumi, dari terminal sukabumi naik angkot/elf ke terminal jubleg, dari terminal jubleg naik angkot lagi ke kawasan buniayu.
3. ikut saja travel agent yang berkeliaran di forum.

 akan di update setelah berhasil mengumpulkan foto.


No comments:

Post a Comment